3 Fakta Tentang SUS Gedebage

0
286
SUS Gedebage

SUS Gedebage dijadikan tempat untuk pembukaan PON XIX Jawa Barat pada tahun 2016 lalu. Stadion tersebut terpilih karena fasilitas dan kemegahan yang dimilikinya. Selain itu, salah satu alasan lainnya adalah stadion ini berada di pusat pemerintahan Jawa Barat yaitu Kota Bandung. Selain banyak event atau pertandingan yang di gelar disana, fasilitas-fasilitas pendukung untuk para atlet dan official juga sangat memadai. Dibawah ini beberapa fakta yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya :

  1. Berdiri di atas Danau Bandung Purba

SUS Gedebage terletak di atas cekungan Danau Bandung Purba. Sebelum berdirinya stadion ini, awal mulanya berupa hamparan sawah, sehingga bisa disebut tanah tersebut merupakan tanah yang labil. Dahulu tempat tersebut adalah bekas Danau Bandung Purba.  Terbentuknya Danau bandung Purba sudah terjadi sejak lama, yaitu saat Gunung Sunda Meletus pada zaman Holosen 11.000 tahun lalu. Kemudian setelah itu kira-kira 6000 tahun lalu  Gunung Tangkuban Parahu erupsi sebanyak 3 kali dan muntahan erupsi dari Gunung tersebut membentuk Danau Bandung atau orang zaman dulu menyebutnya dengan sebutan Situ Hiang.

  1. Lokasi Stadion

Stadion kebanggaan warga Jawa Barat init terletak di Desa Rancanumpang, Kec. Gedebage Kota Bandung. Untuk dapat menuju stadion ada beberapa akses jalan yang bisa digunakan. Di KM 149 ruas Tol Cileunyi-Padalarang ada pintu khusus menuju stadion. Selain itu untuk kendaraan bermotor atau roda 4 yang tidak melewati akses tol bisa masuk dari jalan Soekarno-Hatta Bandung.

  1. Proyek pembangunan terjerat korupsi.

Awal mula pembangunan stadion ini adalah pada tahun 2009. Kemudian dilakukan soft launching pada tahun 2013 oleh Dada Rosada yang pada waktu itu menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Namun sebelum stadion ini benar-benar bisa digunakan untuk sebuah event atau pertandingan, ada kasus korupsi yang menjerat beberapa pejabat dan pengusaha dalam proses pembangunannya. Menurut Bareskrim Polri, akibat dari adanya penyelewengan dana Stadion yang memerlukan biaya 1,1 triliun ini membuat terjadinya kerusakan di stadion dan dinyatakan terjadi gagal kontruksi karena ditemukan amblas di beberapa titik. Pemberhentian pembangunan sempat dilakukan, tetapi pada akhirnya stadion ini kembali dilanjutkan setelah adanya kesepakatan antara Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wali Kota Bandung Ridwan kamil dan juga pihak dari bareskrim Polri supaya bisa digunakan untuk perhelatan PON yang digelar di Jawa Barat.

No votes yet.
Please wait...

LEAVE A REPLY