Jalannya Pertandingan PSM Vs Persib

0
340
psm-makassar-vs-persib-bandung-07

Pertandingan panas antara Persib Bandung vs PSM Makasar berkedudukan imbang 2-2. Jajang Nurjaman membuktikan bahwa timnya akan bermain terbuka. Bermain di kandang lawan tidak sedikitpun membuat skuad Maung Bandung gentar. Hasil ini membawa Persib bercokol diperingkat 8 klasemen.

Jalannyannya pertandingan babak pertama berlangsung alot. Jual beli serangan terjadi dari mulai menit pertama. Pada menit ke 7 Persib sempat mengancam lewat Febri Haryadi yang berhasil menyisir sisi kanan pertahanan PSM, sayang bola cutback yang diberikan kepada Marcos Flores belum bisa dimanfaatkan, bola tendangannya masih bisa diantisipasi bek lawan.

Satu menit kemudian tepatnya menit ke 8, petaka terjadi bagi persib umpan lambung Zulvin Zamrun tidak bisa diantisipasi oleh Diogo akibatnya Tiitus Bonai dengan mudah melewati Deden Nasir dan melesakkan bola ke gawan Persib sehingga merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk kemenangan PSM. Beruntung pada menit ke 18 Febri bisa menyamakan kedudukan, bola truepass yang diberikan Marcos Flores bisa dikreasikan menjadi gol oleh pemain muda yang satu ini.

Pada menit ke 32 Kecepatan pemain sayap PSM M. Rahmat yang dapat mengelabui pemain belakang Persib mampu memberikan umapan crossing kepada rekannya, Jan Pluin menyambut umpan tersebut dan dengan kualitasnya bisa melewati beberapa pemain Persib dan menembakkan bola ke samping kanan atas tapi masih dapat diantisipasi dengan baik oleh Deden Nasir. Persib nyaris kembali menyamakan kedudukan, tendangan mendatar Samsul Arif setelah mendapatkan truepass dari Flores diselamatkan tihang gawang.

Di babak kedua Persib tidak mengendurkan serangan, terbukti satu menit pertandingan berlangsung Febri langsung menusuk ke pertahanan lawan dan kembali memberikan umpan cutback namun tidak ada pemain Persib yang menyambut. Meskipun serangan silih berganti, permainan terbuka Persib sanggup menyulitkan pertahanan lawan. Beberapa kali pemain depan Persib menyajikan permainan yang penuh determinasi.

Para pemain PSM tidak mau kalah serangan yang diawali dari kaki Jan Pluin sering merepotkan pertahanan Persib. Menit ke 64 tendangan bebas Jan Pluim hampir merobek gawang Persib tapi berhasil ditepis oleh Deden Nasir.  Gol PSM lewat Ronald Hikspoors di menit ke-65 menjadi kontropersi, umpan Titus Bonai tidak bisa ditangkap oleh Deden Nasir karena mendapat gangguan dari 2 pemain PSM  sehingga bisa teruskan dengan sundulan dan berbuah gol. Keputusan tersebut mendapat protes keras dari pemain dan official Persib dan pertandingan sempat terhenti kurang lebih 8 menit sebelum akhirnya diteruskan kembali.

Pertandingan dimulai kembali, di menit ke 76 terjadi insiden pada saat Zulvin Zamrun kembali melanggar Febri sampai terjatuh dan diteruskan dengan injakan, wasitpun memberikan kartu kuning kedua kepada Zulvin yang menyebabkan dia terusir dari lapangan. Buntut dari disahkannya gol tadi, membuat pemain Persib tergesa-gesa untuk cepat membalas gol tadi. Permainan semakin memanas, sempat beberapa kali terjadi kontak fisik yang menjurus kasar.

Pergantian pemain Persib terjadi di menit ke 86 dan 87, Samsul Arif dan Marcos Flores digantikan oleh Atep dan Rahmat Hidayat. Hal ini dilakukan pelatih untuk menambah daya gedor mengingat persib masih tertinggal 2-1 dari PSM Makasar.

Keunggulan satu pemain bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Persib, pada menit ke 2 babak tambahan berlangsung Kim Jeffry menjadi penyelamat Persib dengan lesakkan gol kaki kanannya. Umpan crossing Jajang Sukmara menghasilkan kemelut di mulut gawang yang akhirnya bisa berbuah gol dan berhasil menyamakan kedudukan. Sampai akhir pertandingan kedudukan tidak berubah 2-2.

Kemenangan sebenarnya bisa saja diperoleh Persib andai saja gol kedua PSM yang kontropersial tidak di sahkan oleh wasit. Namun hasil ini patut disyukuri, meskipun tidak meraih kemenangan Persib masih bisa mencuripoin dan menghentikan hasil buruk selama 4 pertandingan tandang terakhir.

Pada pertandingan kali ini para permain Persib memperlihatkan daya juang dan determinasi yang tinggi. Hampir semua pemain dapat menunjukkan kulaitasnya. Poin plus pantas disematkan kepada pemain muda Febri Haryadi yang dapat mengobrak abrik pertahanan lawan. Kolaborasi di lini tengah antara Kim Jeffry dan Haryono berhasil meredam agresivitas lini serang PSM Makasara yang dikomandoi oleh Jan Pluim.

Kinerja Marcos Flores pun pada laga ini  bisa berkontribusi dalam membuka pertahanan lawan. tidak jarang truepss yang dilakukan berhasil mengelabui pemain belakang PSM.  Berikut susunan pemain pertandingan tadi malam :

PSM Makassar
Pelatih: Robert Rene Alberts

Syaiful, Ardan Aras, Kwon Jun, Wasyiat Hasbullah, Ronald Hikspoors, Syamsul Haeruddin (79’ Reva Adi Utama), Willem Jan Pluim, Zulvin Zamrun; M. Rahmat (59 Ridwan Tawainella), Titus Bonai

Cadangan: Deny Marsel, Hendra Wijaya, Reva Adi Utama, Ivan Wahyudi, Ridwan Tawainella, Andri, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh,

Gol : menit 8 (Titus Bonai), menit 65 (Ronald Hikspoors)

Persib Bandung
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

  1. Natshir Fadhil, Tony Sucipto,  Jajang Sukmara,  Vladimir Vujovic,  Diogo Ferreira,  Hariono,  Kim Jeffry Kurniawan, Febri Hariyadi,  Samsul Arif (86’ Atep),  Marcos Flores (87’ Rachmat H), Sergio Van Dijk

Cadangan:  M. Ridwan,  Dias Angga Putra,  Taufiq, Rachmad Hidayat,  David Laly, Atep,  Tantan

Gol : menit 18 (Febri Haryadi), menit 92 (Kim Jeffry Kurniawan)

No votes yet.
Please wait...

LEAVE A REPLY