Keuntungan dan Kerugian Bermain di Luar Jakarta

0
344
persib bandung

Pekan ke 26 lanjutan ISC akan menghadirkan pertandingan syarat gengsi antara Persija vs Persib Bandung. Pertandingan tersebut akan di gelar di stadion Manahan Solo pada tanggal 5 Oktober mendatang. Meskipun digelar diluar Jakarta, namun Joko Driyono selaku CEO PT GTS sudah memberikan persyaratan kepada supporter kedua belah pihak. Pendukung Persija sebagai tim tuan rumah dilarang menggunakan atribut, sedangakan bobotoh atau pendukung Persib tidak diizinkan untuk datang ke stadion menyaaksikan langsung tim kebanggaannya bertanding. Dilansir dari laman resmi persib.co.id Joko Driyono memaparkan : “larangan hadirnya suporter PERSIB dalam pertandingan tersebut sebagai bentuk reciprocal policy (kebijakan timbal balik) terhadap hal yang terjadi PERSIB melawan Persija pada putaran pertama lalu. Di mana saat itu suporter Persija tidak boleh hadir menyaksikan pertandingan di Bandung”.

Dengan bermain di luar Jakarta sebenarnya Persib sedikit diuntungkan. Tekanan tinggi bahkan menjurus kekerasan yang kerap didapatkan skuad Persib ketika bertandang ke Ibu Kota mungkin bisa diminimalisir ketika bertanding diluar kota Jakarta apalagi jaraknya cukup jauh. Pihak panpel dan pihak kepolisian tentu sudah berkoordinasi guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Kerugiannya, Persib tidak bisa mendapatkan dukungan langsung dari bobotoh seperti yang selama ini didapatkan Persib meskipun bermain di kandang lawan. Warga Jawa barat yang bekerja dan menetap di kota lain menyebar hampir di seluruh daerah di Indonesia, terbukti ketika Persib melakukan laga tandang selalu ada bobotoh yang menyaksikan. Hal ini menjadi berkah tersendiri bagi Persib.

Meskipun tanpa mendapatkan dukungan langsung dari bobotoh, Persib sebagai tim besar harus tetap fight menjalani laga panas nanti. Semua bobotoh di berbagai daerah bahkan di belahan dunia pasti sangat menantikan laga ini. Rivalitas kedua tim sudah tertanam mulai dari era persyarikatan ditambah perselisihan kedua pendukung sebut saja Viking dan The jak sudah kerap kali terjadi, sehingga menambah seru laga nanti. Sebagai pelatih Persib Janur tentu akan mempersiapkan laga tandang nanti dengan perhitungan matang, bukan hanya soal taktik, tehnik, dan strategi tapi juga soal mental bermain skuad asuhannya yang pasti akan dipersiapkan agar dapat meraih 3 poin.

No votes yet.
Please wait...

LEAVE A REPLY