Mencintai Persib ala Santri (Viking Amataz) Tasikmalaya

0
903
viking amataz

Sepak bola merupakan salah satu cara universal yang mampu menembus bias-bias kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Sepak bola telah tumbuh pesat sebagai salah satu olah raga yang paling digemari seantero Indonesia. Menuliskan mengenai sepak bola, tentunya tidak akan terlepas dari keberadaan suporter. Keberadaan suporter, tentunya akan menambah semakin semaraknya sepak bola.

Bagi masyarakat Jawa Barat, membicarakan sepak bola tentunya akan menjadi suatu kebanggaan. Hal itu tidak terlepas dari keberadaan klub sepak bola sekelas Persib Bandung. Bagi masyarakat Jawa Barat, Persib telah menjadi kehidupan sehari-hari yang tidak mungkin bisa dihilangkan. Mayoritas warga Jawa Barat tentunya pasti mendaku diri sebagai bobotoh (sebutan suporter Persib).

Dengan perkembangan kultur suporter di tahun 1990an di Indonesia, sebagian bobotoh berinisiatif membentuk wadah organisasi suporter Persib yang dinamakan Viking. Perkembangan Viking sebagai organisasi utama di kalangan bobotoh tentunya sangat cepat sekali menjamur, terutama bagi mereka yang sering menyaksikan laga di stadion. Selain itu, perkembangan arus informasi yang maju, membawa Viking memiliki jumlah anggota yang sangat banyak.

Keberadaan Viking tentunya telah menusuk dalam pada kehidupan suporter terutama di Jawa Barat, termasuk bagi kalangan santri. Viking Amataz merupakan salah satu distrik Viking yang didirikan di Tasikmalaya tahun 2009, yang notabene merupakan wadah bagi santri yang mondok atau bersekolah di pesantren atau SMA dan SMP Plus Al-Amanah. Keberadaan Viking Amataz ini merupakan salah satu wadah yang terorganisir agar santri yang mencintai Persib bisa diakomodir ke arah yang lebih positif.

Keberadaan Viking Amataz ini merupakan salah satu cara bagi santri Al-Amanah untuk selalu menjalin silaturahmi antar anggotanya. Tidak jarang, perkumpulan yang diadakan Viking Amataz pasti di datangi alumni pesantren. Hal itu tentunya sangat baik agar santri yang masih mondok bisa menimba ilmu dari alumni. Keberadaan Viking Amataz sejatinya dimanfaatkan betul oleh tiap anggota, selain bukti dari kecintaan mereka terhadap Persib, Viking Amataz pun dijadikan sebagai salah satu ajang untuk bersilaturahmi.

 

Rating: 3.0. From 4 votes.
Please wait...

LEAVE A REPLY