Mengapa Bobotoh Tidak Boleh Hadir ?

0
432
bobotoh

Stadion Manahan Solo kembali akan menjadi saksi pertandingan duet klasik antar Tim Ibu Kota Persija Jakarta melawan Tim Kesayangan Jawa Barat Persib Bandung. Pada kesempatan tersebut sebenarnya supporter tim tuan rumah Persija Jakarta sebenarnya sedang mengalami hukuman, namun demikian PT Gelora Trisula (GTS) membolehkan The Jak untuk datang ke Stadion dengan syarat tanpa memakai atribut.

Selain itu PT GTS menghimbau kepada supporter tim tamu atau Bobotoh untuk tidak datang mendukung Tim kesayangan mereka ke Stadion Manahan, hal tersebut dilakukan demi minimalisir terjadinya kerusuhan atau bentrok antar supporter. Karena pada putaran pertama juga PT GTS melarang Jak Mania untuk datang mendukung Persija Jakarta.

Hal tersebut memantik komentar dari Manager Persib Bandung Umuh Muchtar “Ini aneh, malah bobotoh yang dilarang datang, padahal kan suporter di sana yang sedang mengalami hukuman,” kata Umuh. Sebenarnya yang menjadi perhatian Umuh adalah Bobotoh yang nekad datang ke solo karena tim tuan rumah sendiri didukung tanpa atribut, sehingga bisa saja mereka hal tersebut malah membuat kericuhan yang lebih besar karena mereka membaur dan tak ada yang bisa membedakan, senada dengan pernyataan Umuh “Tidak akan bisa membedakannya, justru itu yang paling bahaya, itu akan menjadi masalah yang besar,”.

Memang sebaiknya jika pertandingan diadakan tanpa adanya supporter antar kedua belah pihak daripada harus memicu bentrok antar supporter, menilai bahwa tim supporter tuan rumah sedang dalam hukuman.”Kalau seperti itu, mending tidak usah ada penonton saja, daripada ada masalah nantinya,” ungkap Umuh Muchtar juga yang mengkhawatirkan keamanan Bobotoh yang yang ngotot datang meski telah dihimbau PT GTS untuk tidak datang.

Kita patut berbangga mempunyai manager tim seperti Umuh Muchtar yang tidak hanya memperhatikan Tim Persib Bandung saja, namun juga memperhatikan dan mempertimbangkan Bobotoh tanpa terkecuali. Mungkin hal tersebut juga tidak terlepas dari perhatian dan loyalitas Bobotoh terhadap Maung Bandung yang selalu hadir menyemangati setiap pertandingan kandang maupun tandang dilapangan ataupun lewat layar kaca.

Rating: 5.0. From 1 vote.
Please wait...

LEAVE A REPLY