Mengesampingkan Ego Demi Kebutuhan Tim

0
258
diogo

Kedatangan Diego Alves Ferreira ke Persib diproyeksikan untuk mengisi slot di lini tengah. Namun seiring berjalannya kompetisi dan didasari oleh kebutuhan tim, pemain berkebangsaan Australia ini lebih sering diposisikan sebagai center back Persib menemani Vladimir Vujovic. Hal ini tidak terlepas dari absennya pemain pilar Persib yang biasa bermain di posisi tersebut. Mulai dari Purwaka Yudi yang harus absen cukup lama karena mengalami cedera yang serius. Kemudian disusul oleh Yanto Basna yang dipanggil untuk memperkuat Timnas dalam gelaran AFF 2016.

Pada awal kedatangannya, Diogo sempat beberapa kali bermain di posisi gelandang tengah sesuai dengan posisi yang selalu ditempati di klub sebelumnya. Permainannya di lapangan tengah  terlihat elegan dengan tidak terlalu banyak menguasai bola. Selain itu akurasi umpan dan visi bermainnya  menjadi salah satu kelebihan pemain ini dalam membantu mendobrak pertahanan lawan. Sayang, absennya beberapa pemain belakang Persib mengharuskan Djajang Nurjaman memutar otak untuk menentukan pemain yang akan mengisi pos tersebut. Padahal saat itu duet Vlado dan Yanto Basna di lini belakang Persib cukup menyulitkan pemain depan lawan dalam menembus pertahanan Persib.

Pilihannya saat itu adalah menggeser Tony Sucipto ke centerback dan posisinya digantikan oleh Jajang Sukmara, dan pilihan yang kedua adalah memposisikan Diogo Alves di pos tersebut dengan konsekuensi memainkan kembali Kim Jeffrey Kurniawan atau Taufik di posisi Defending Midfielder menemani Hariono. Atas pertimbangan yang matang sebagai pelatih yang sudah pasti mengetahui kelebihan dan kekurangan pemain, akhirnya jatuh pada pilihan yang kedua. Meskipun di beberapa pertandingan permainannya terlihat canggung dan belum maksimal saat menempati posisi barunya, namun dengan arahan pelatih dan kerja kerasnya kini Diogo menjadi kekuatan baru di lini belakang Persib.

Pada pertandingan terakhir lawan Persipura, Grafik permainan Diogo terlihat semakin meningkat. Tercatat beberapa kali pemain tersebut berhasil melakukan intercept dan melakukan pengawalan yang baik terhadap pemain depan Persipura sehingga duetnya bersama Vlado sukses mengawal gawang Persib dari kebobolan.

Setelah sebelumnya Diogo sempat mengungkapkan kepada pelatih untuk kembali menempati posisi gelandang karena tak nyaman menempati posisi centerback, namun kini dia berhasrat memberikan semua kemampuan terbaik nya dimanapun dia ditempatkan, karena menurutnya pelatihlah yang lebih mengetahui kebutuhan tim. Djanur pun mengomentari penampilan apik Diogo sesaat setelah pertandingan melawan Persipura, seperti dilansir dari laman Tribunnews.com : “Diogo tidak nyaman jadi bek tengah dan pernah minta jadi gelandang bertahan. Saya minta dia bertahan di posisi itu dan saya senang dengan penampilan dia malam ini,”

No votes yet.
Please wait...

LEAVE A REPLY