Naon ari Bobotoh teh Lur? (Apa arti dari Bobotoh)

0
883
bobotoh

Persib Bandung merupakan salah satu klub sepak bola di Tanah Air, berdiri sejak 14 Maret 1933 Persib meraih dua kali gelar kasta tertinggi sepak bola Tanah Air. Gelar pertama Persib Bandung dapatkan pada saat pertama kali Liga Indonesia dimainkan, Persib memberi kenangan manis dengan membawa pulang Piala Liga Indonesia pertama dari stadion Gelora Bung Karno dengan disaksikan pendukung setia sang Pangeran Biru yang biasa dikenal dengan Bobotoh.

Kenangan manis tersebut seperti terulang kembali saat final kompetisi 2014 dinyatakan kembali digelar di Stadion Gelora Bung Karno yang merupakan Stadion milik seluruh Tanah Air. Persib Bandung harus melawan tim berjuluk Mutiara Hitam (Persipura), harus berakhir dengan skor seri 2-2 sehinnga dilanjut ke adu penalti dengan hasil akhir Persib menang 5-3. Persib kembali meraih Piala kasta tertinggi dengan disaksikan ribuan pasang Bobotoh yang langsung hadir di GBK.

Bobotoh selalu setia terhadap Persib Bandung, tak peduli hasil akhir yang didapatkan dari pertandingan (menang, seri, atau kalah) Bobotoh selalu hadir mendampingi tim kesayangan mereka. Meski tak jarang Bobotoh mengkritik pemain yang berada di kubu Maung Bandung, ataupun bahkan Pelatih sekalipun tidak pernah lepas dari sorotan para Bobotoh. Mereka selalu mengkritik apa yang ada dalam Persib Bandung, karena Bobotoh percaya bahwa pujian adalah racun dan cacian adalah obat.

Dari mana sebenarnya Bobotoh berasal? Jika ada pertanyaan tersebut maka ini jawabannya: Bobotoh berasal dari hati orang-orang yang mencintai Persib Bandung yang mendorong dan membangun semangat bagi Persib Bandung. Bobotoh berada disetiap penjuru negeri, bahkan penjuru dunia. Hal tersebut menyebabkan kita sering mendengar kata Bobotoh Saalam Dunya yang berarti Bobotoh seluruh penjuru dunia.

Kata Bobotoh sendiri dipopulerkan oleh tokoh/artis pada akhir tahun 1989/1990 dengan kata yang sering disebutkan “Ngabobotohan Persib ka Senayan(Memberi semangat Persib ke Senayan)”. Bahkan sebenarnya Bobotoh adalah supporter sepak bola Tanah Air yang pertama eksis di media massa dengan hadir menghiasi media massa khusus olahraga terbitan Otto Iskandar Dinata pada tahun 1937.

Rating: 5.0. From 2 votes.
Please wait...

LEAVE A REPLY