Perjalanan karir I Made Wirawan

0
249
I Made

Berita Persib–Penjaga gawang yang mempunyai postur tegap ini adalah sosok penjaga gawang yang pendiam. Sikapnya yang pendiam seperti itu juga yang membuat I Made ini banyak sekali di gemari oleh suporter. Meskipun karakternya pendiam, pria yang lahir di Gianyar ini ternyata bukan tipikal penjaga gawang yang tentunya bisa diremehkan. Sifatnya yang pendiam sama sekali tidak kelihatan ketika I Made berada di lapangan untuk menjaga keperawanan mistar gawang. Selalu bekerja keras, tak pernah menyerah dan juga kokoh berada di bawah mistar gawang adalah sosok I Made ketika berada di lapangan hijau.

I Made yang lahir pada tanggal 12 Januari 1981 ini adalah tipikal kiper yang tidak mengenal kata menyerah. Hal seperti itu bisa dilihat dari usaha I Made untuk dapat menghentikan gempuran-gempuran striker Timnas Cina ke gawang Timnas Indonesia di dalam ajang kualifikasi Piala Asia pada tahun 2013. Secara terus menerus gawang Indonesia di bombardir oleh para pemain Cina, namun I Made hanya memungut bola satu kali sepanjang pertandingan tersebut.

I Made Wirawan bermain sepak bola profesional pertama kalinya bersama Perseden Denpasar pada tahun 2003.  Tidak butuh waktu yang lama untuk I Made Wirawan ini untuk dapat merebut posisi di tim inti Perseden pada tahun 2005. Kemudian setelah itu I Made Wirawan Hijrah ke Persekaba Kabupaten Bandung. Bersama timnya tersebut, I Made bermain sangat apik sekali sebelum akhirnya I Made di Transfer ke Persiba Balikpapan pada pertengahan tahun 2007.

Pria asal Bali ini mendarat di Kota Balikpapan ketika Persiba sedang berjuang dari divisi utama Liga Indonesia. Pada awal kedatangan I Made ke Persiba Balikpapan banyak publik yang meragukan kemampuannya untuk bisa menjaga gawang Persiba. Hal ini dikarenakan Penjaga Gawang Persiba yang sebelumnya yaitu Sumardi sukses bisa tampil gemilang dengan tim Persiba Balikpapan. Penampilan penjaga gawang Sumardi yang juga mantan penjaga gawang Timnas Indonsia ini sudah sangat melekat di hati suporter Persiba Balikpapan.

Namun Made mampu menjawab keraguan dari suporter Persiba Balikpapan dengan penampilan yang sangat gemilang. Tidak butuh waktu yang lama untuk I Made untuk bisa mendapatkan posisi inti dan ketika I Made diberikan kepercayaan oleh pelatih, I Made langsung membalasnya dengan beberapa kali melakukan penyelamatan yang gemilang dari serangan musuh. Dia juga sukses membawa tim Persiba Balikpapan promosi ke ISL pada tahun 2009 dan menjalani musim dengan kompetitif.

Penampilan gemilang beberapa musim bersama Persiba Balik papan membuat banyak sekali klub di Indonesia mencoba untuk merayunya supaya I Made bersedia pindah dari Persiba Balikpapan. Pada akhirnya tim yang beruntung mendapatkan I Made adalah Persib Bandung. I Made resmi berkostum Maung Bandung pada musim 2012/2013. Di Persib Bandung sendiri, I Made juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mendapatkan posisi inti. Penampilan gemilang dari I Made membuat pelatih timnas memanggil I Made untuk Menjaga gawang Timnas Indonesia.

Pada tahun 2014 I Made berhasil membawa Persib Bandung menjuarai ISL setelah hampir 19 tahun Persib Bandung puasa gelar. Gelar ini juga menjadi gelar yang pertama untuk I Made selama berkarir di dunia sepakbola. Sampai sekarang I Made masih setia bersama Persib Bandung yang sedang berjuang untuk bisa mempertahankan gelar juara.

No votes yet.
Please wait...

LEAVE A REPLY