Permainan Persib di 2 Laga Terakhir

0
276
psm-makassar-vs-persib-bandung-07

Saat ini Persib masih bercokol di posisi ke10 klasemen sementara gelaran Indonesia Soccer Champinsip . Dari 26 Pertandingan yang telah dijalani Persib meraih 10 kemenangan, 8 kekalahan dan 8 kali hasil imbang. Posisi Persib saat ini tentu tidak sesuai harapan dan jauh dari ekspektasi publik.

Pada awal Persiapan tim sebelum ISC di gelar Persib di gadang-gadang menjadi salah satu kandidat Juara, mengingat Persib salah satu tim besar di Indonesia yang telah sukses meraih gelar ISL tahun 2014  dan Piala Presiden pada tahun 2015.

Tapi pada kenyataannya di pekan ke 28 ISC ini Persib masih belum bisa beranjak dari papan tengah klasemen. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya : kepindahan para pemain pilar ke klub lain, bergantinya tonggak kepelatihan yang sebelumnya ditempati oleh Djajang Nurjaman berpindah kepada Dejan Antonic yang kemudian di awal kompetisi kembali diambil alih oleh Djanur dan terkahir absennya pemain inti Persib di beberapa laga yang dimainkan dengan berbagai alasan.

Pertandingan di ISC tinggal menyisakan beberapa laga lagi. Meskipun dari kalkulasi, rasanya kans Persib untuk juara sudah tidak memungkinkan, namun Djanur sebagai pelatih harus benar-benar bisa memanfaatkan laga sisa yang ada untuk meraih hasil maksimal. Berkaca dari 2 laga terakhir yang dimainkan di kandang lawan, grafik permainan Persib cukup memberikan progress yang bagus.

Absennya beberapa pemain inti membuat Djanur harus memutar otak mencari pengganti agar permainan Persib tidak pincang dengan ketidak hadiran pemain tersebut. Dengan absennya beberapa pemain pilar tentu menjadi kesempatan untuk pemain yang selama ini menjadi pelapis  untuk bisa bermain dari menit awal.

Beruntung mereka bisa memainkan perannya dengan baik bahkan di luar dugaan. Salah satunya adalah pemain muda Persib, Febri Haryadi. Permainannya yang eksposif membuat Djanur tidak ragu untuk menurunkan pemain ini di tiga laga terkahir Persib.

Dari 2 laga terkhir yang dijalani di kandang lawan, Persib meraih 2 poin dari dua hasil imbang. Hal tersebut patut disyukuri mengingat 4 laga tandang sebelumnnya berakhir dengan kekalahan. Kemudian lawannya di 2 laga terakhir juga bukan lawan yang bisa dianggap remeh, PSM dan Persija tetap menjadi lawan yang berat bagi Persib meskipun posisi merekan tidak berada di papan atas klasemen.

Meskipun sempat was-was mengingat catatan buruk di laga tandang, namun skuad Persib bisa menjawab keraguan tersebut dengan bermain baik. Ada beberapa hal yang harus di apresiasi, daya juang dan motivasi pemain menjadi salah satu faktor Persib bisa mearih poin di kandang lawan. Selain itu kesalahan-kesalahan elementer yang selama ini terjadi bisa di minimalisir khususnya pada saat mengantisipasi bola set piece yang selama ini menjadi kelemahan Persib, banyak bola yang bersarangan di gawang Persib akibat pemain belakang tidak bisa mengantisipasi bola set piece.

Permainan ciri khas Persib yang selama ini memainkan bola dari kaki ke kaki mulai bisa di peragakan meskipun masih banyak yang harus diperbaiki. Peluang Persib di 2 laga tersebut pun cukup  banyak namun yang harus menjadi catatan adalah produktivitas gol. Lini depan Persib belum bisa memanfaatkan peluang dengan baik.

No votes yet.
Please wait...

LEAVE A REPLY