Saat Persib Tercecer di Papan Tengah, Dimanakah Sang Kambing Hitam Itu???

0
342
Jajang NUrjaman
Jajang NUrjaman

Pada gelaran ISC 2016, Persib Bandung bermain tidak sesuai ekspektasi pada awal musim. Sampai pekan ke-24 ini, Persib masih tertahan di papan tengah klasemen. Menduduki tabel peringkat papan tengah, merupakan bencana bagi tim sekelas Persib. Tidak mampunya Persib untuk bersaing juara pada gelaran ini, sejatinya mesti di pikirkan baik-baik dalam hal evaluasi dan keberlanjutan tim.

Dalam tulisan Zen. RS di laman Pandit Football, dia menuturkan bahwa kambing hitam sangat sering berada dalam sepak bola. Lihatlah apa yang di lakukan media masa dan suporter Inggris yang menjadikan David Beckham sebagai kambing hitam saat dihempaskan Argentina di Piala Dunia 1998. Keberadaan kambing hitam sejatinya merupakan cara pintas agar kegagalan bermain sesuai harapan bisa diterima secara umum. Apalagi jika hal itu dikatakan berulang-ulang. Seperti halnya yang dikatakan Adolf Hitler “buatlah satu kebohongan dan katakan berulang-ulang. Niscaya akan menjadi sebuah kebenaran”.

Dalam konteks kambing hitam pun demikian. Jika kebohongan saja bisa berubah menjadi hal yang diyakini, apalagi cerita kambing hitam. Pemain atau pelatih yang dianggap sebagai kambing hitam bisa menjadi kebenaran bahwa dialah yang paling pantas disalahkan dan orang pun tidak akan mempertanyakan lagi. Hal itu tentunya tidak baik untuk membaca keseluruhan cerita kegagalan karena sudah diambil alih ceritanya oleh si kambing hitam.

Begitupun pada kegagalan Persib sejauh ISC 2016 ini. Menunjuk pemain atau pelatih sebagai biang keladi tentunya kurang bijak. Kesalahan Persib yang terjadi berulang-ulang di gelaran ISC ini bisa dipahami baik dari posisi, peran maupun karakter si pemain. Selain itu, hal-hal yang terjadi di ruang ganti dan proses latihan perlu ditinjau dengan seksama. Selain itu, perlu dipahami bahwa pelatih Persib saat ini tidak menangani tim dari awal musim. Memahami cerita secara menyeluruh tentunya cara terbaik untuk memahami kenapa Persib bisa terpuruk dari pada mencari biang keladi atau kambing hitam.

Rating: 5.0. From 1 vote.
Please wait...

LEAVE A REPLY