Stadion Utama Sepakbola Gedebage

0
258
GBLA

Indonesia kini memiliki banyak Stadion mewah yang tersebar di berbagai daerah. Berbeda dengan dahulu, stadion-stadion yang kini telah dibangun di Indonesia bisa dikatakan bertaraf Internasional dengan kualitas rumput yang bagus dan juga berbagai fasilitas stadion yang memadai. Adanya event-event berskala nasional maupun Internasional turut serta mendorong pemerintah pusat dan daerah  untuk membangun stadion yang megah. Salah satu stadion megah yang telah dibangun yaitu Stadion Utama Sepakbola Gedebage GBLA. Stadion kebanggaan warga Bandung tersebut terletak di Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage tepatnya diantara ruas Jalan Tol Cileunyi-Padalarang KM 151 dan Jalan By Pass Soekarno-Hatta. Stadion GBLA awal mulanya dikenal dengan sebutan Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage atau Stadion Gedebage, mengingat letaknya berada di kecamatan Gedebage Bandung.

Nama Stadion Gelora Bandung Lautan Api sendiri muncul berkat hasil polling. Karena sebelumnya sempat ada yang mengusulkan stadion tersebut diberi nama Gelora Rosada. Nama tersebut muncul karena Wali Kota pada waktu itu Dada Rosada dianggap berjasa dan juga salah satu inisiator dalam pembangunan Stadion GBLA. Namun usulan tersebut memunculkan polemik dan kontroversi, oleh sebab itulah Pemerintah Kota Bandung mengadakan polling dan nama Stadion Utama Sepakbola Gedebage GBLA meraih suara terbanyak. Pada Tanggal 10 Mei 2013 diadakan Soft Launching GBLA dan diresmikan oleh Dada Rosada yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Meskipun pada saat itu pembangunan Stadion GBLA masih belum tuntas sepenuhnya terutama Area Parkir dan jalan menuju stadion. Dibawah ini merupakan fasilitas-fasilitas penunjang yang ada di Stadion GBLA :

Papan Skor Digital

Tidak semua Stadion yang berada di Indonesia memiliki fasilitas papan skor digital. Stadion GBLA salah satu stadion yang memiliki fasilitas tersebut. Papan skor yang berukuran 5×10 ini terletak di tribun utara dan tribun selatan dan dilengkapu dengan jam penunjuk waktu.

Toilet

Toilet merupakan salah satu fasilitas yang paling dibutuhkan untuk menunjang kebersihan stadion. Toilet yang tersedia di Stadion GBLA terbilang cukup banyak yaitu 776 buah yang tersebar di hampir semua sudut pintu.

Mushola

Keberadaan sebuah tempat Ibadah di Stadion amatlah penting terutama bagi umat muslim. Dengan adanya mushola tentu akan memudahkan setiap orang untuk melaksanakan shalat ketika datang waktunya meskipun sedang berada di stadion. Mushola yang berada di Stadion GBLA berjumlah 12 dengan ukuran yang cukup besar yang mampu menampung sekitar 20 orang. Mushala tersebut dilengkapi oleh fasilitas untuk shlat seperti sarung dan juga mukena.

Lahan Parkir

Lahan parkir di area Stadion GBLA cukup luas yaitu 16,5 Hektar sehingga setiap kendaraan yang masuk melalui gerbang biru ataupun merah akan leluasa untuk parkir tanpa harus berdesakan.

Royal Box

Fasilitas yang paling mewah di Stadion Gelora Bandung Lautan Api adalah Royal Box. Bahkan menurut informasi royal box ini hanya ada di Stadion Gelora Bung Karno dan Gelora Bandung Lautan Api. Letak royal box berada di Tribun Barat dan setara dengan VVIP. Tempat ini disediakan untuk orang-orang penting sekelas Presiden dan juga tamu negara. Bahkan royal box ini tahan terhadap peluru.

Selain yang telah disebutkan diatas, berikut ini informasi-informasi lainnya mengenai Stadion GBLA :

  • Luas Bangunan Stadion: TapakStadion 5.2 Ha dan Lansekap 16.9 Ha
  • Gedung dan kantor stadion berlantai4 dengan luas ruangan 72.000 m^2
  • Dilengkapi Mushola di setiap ruangan
  • Toilet berjumlah 766 buah
  • Ruang VVIP untuk kelas kepala Negara/ Presiden dengan kaca anti peluru
  • Jumlah kursi penonton 38.000 orang, jika berdiri 72.000 orang
  • Dilengkapi lapangan atletik , kantor,sirkulasi, tribun atap full keliling, servis,big screen dan kursinya tahan apidengan kursi merk Ferco
  • Rumput yang digunakan adalah darijenis Zoysia Matrella (Linn) Merr yakni rumput kelas satu standar FIFA
  • Standar Indonesia : SNIT-25-1991-03 STDR.
  • Standar Internasional : Football Stadium Technical, Recommendation Requirements, FIFA Safety Guideline
No votes yet.
Please wait...

LEAVE A REPLY